LATIHAN POST TES GURU PENGGERAK : 15 soal
1.
Di bawah ini adalah hal yang dapat dilakukan guru agar asesmen formatif dapat efektif dilakukan, kecuali ...
A. Jumlah asesmen formatif yang lebih banyak dengan variasi bentuk yang berbeda sehingga siswa bisa menikmati proses pengembangan diri
B. Memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan refleksi apa saja yang telah dilakukan dan memberikan umpan balik pada hasil kerja temannya
C. Meminta siswa mengerjakan asesmen sumatif dalam beberapa tahapan asesmen formatif dan memberikan umpan balik di setiap tahapan
D. Sering memberikan latihan dengan kesempatan mengerjakan ulang di rumah jika jawaban masih salah sehingga siswa dapat belajar mandiri
2.
Bu Ani adalah seorang guru SMK kelas X yang sedang merancang asesmen untuk materi bahasa inggris memberikan opini pada sebuah isu yang dekat dengan siwa . Berikut adalah beberapa pilihan asesmen sumatif yang bisa ia rancang, KECUALI …
A. Siswa mengerjakan soal tes pada penilaian tengah semester sehingga data nilai akurat dan mudah didapatkan
B. Siswa secara berkelompok membuat infografis terkait dengan opini terhadap suatu isu dan menyampaikannya ke kelompok lain
C. Siswa menyampaiakan opininya di dalam kelas dengan audien teman-teman satu kelasnya
D. Siswa membuat narasi untuk menyampaiakn opininya
3.
Manakah dari pernyataan di bawah ini yang tidak tepat dalam menggambarkan pendampingan dan pengembangan profesional?
A. Dapat dilakukan melalui coaching, mentoring, maupun pelatihan
B. Ditekankan pada prinsip reflektif dan pengembangan diri bagi guru
C. Menggunakan alat penilaian yang jelas dan terukur
D. Dilakukan bersama komite sekolah dan stakeholder terkait
4.
Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, guru merumuskan Capaian Pembelajaran dengan memperhatikan tahapan proses belajar serta secara jelas mencantumkan kompetensi apa yang ingin dicapai. Hal ini merupakan penerapan salah satu prinsip Capaian Pembelajaran yaitu...
A. Fleksibel
B. Sentralisasi
C. Otonomi
D. Terukur dan Spesifik
5.
Dalam menerapkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, kita perlu melihat konteks kebutuhan peserta didik yang berbeda dari waktu ke waktu. Seperti pada zaman sekarang, peserta didik diharapkan mempunyai keterampilan abad 21. Pernyataan ini sesuai dengan prinsip filosofi Ki Hadjar Dewantara…
A. Budi Pekerti
B. Kodrat Zaman
C. Kodrat Alam
D. Cipta
6.
Dalam presentasi kelompok untuk projek pembelajaran bertema "pengelolaan dan pelestarian kebudayaan daerah", guru mempersilakan peserta didik memberikan umpan balik terhadap gagasan kelompok lain dalam melestarikan kebudayaan daerah dari hasil inkuiri mereka. Dalam proses ini, guru dapat menilai bagaimana peserta didik saling memberi dan menerima pendapat dan masukan, selain penilaian terkait proses inkuiri yang dilakukan dalam projek pembelajaran tersebut. Prinsip asesmen yang diterapkan guru tersebut adalah ....
A. fleksibel, bersifat sumatif, dan berpola pikir bertumbuh
B. terpadu, bersifat formatif, dan berpola pikir bertumbuh
C. terpadu, bersifat sumatif, dan fleksibel
D. fleksibel, bersifat formatif, dan berpola pikir bertumbuh
7.
Kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah merupakan pengertian dari ...
A. Indikator hasil pembelajaran
B. Kompetensi ketuntasan minimal
C. Capaian pembelajaran
D. Tujuan pembelajaran
8.
Dari pernyataan mengenai Platform Teknologi Sekolah Penggerak di bawah ini, pernyataan mana yang tidak tepat?
A. Produk-produk Platform Teknologi Sekolah Penggerak adalah produk tumbuh
B. Platform Profil dan Rapor Pendidikan terdiri dari Profil Pendidikan dan Rapor Pendidikan, masing-masing untuk Satuan Pendidikan dan Daerah
C. Platform Profil dan Rapor Pendidikan memiliki 8 Dimensi
D. Integrasi proses perencanaan, pembelanjaan, dan pelaporan merupakan salah satu fokus dari upaya Platform Sumber Daya Sekolah untuk meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas proses pengelolaan sumber daya sekolah
9.
Salah satu komponen penting dalam kurikulum operasional di satuan pendidikan adalah terdapat visi, misi, dan tujuan. Apa yang penting ada di dalam sebuah visi?
A. terdiri dari minimal 2 kalimat ringkas
B. menjawab kekhawatiran stakholder satuan pendidikan
C. menggambarkan bagaimana siswa menjadi subjek dan tujuan jangka panjang
D. menggambarkan lingkungan dan fasilitas satuan pendidikan
10.
Suatu sekolah melakukan pembelajaran yang melibatkan masyarakat sekitar sebagai mitra, berpusat pada peserta didik, dan mendorong peserta didik mengenali budaya daerahnya. Sekolah tersebut menerapkan salah satu prinsip pembelajaran, yaitu…
A. dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas belajar peserta didik
B. Menstimulasi perkemban an kompetensi dan karakter secara holistik.
C. relevan
D. dirancang dengan mempertimbangkan tingkat pencapaian peserta didik
11.
Apakah peranan alur pembelajaran?
A. Alur Pembelajaran berperan untuk memudahkan proses pembelajaran agar guru dapat mengajar dengan menyenangkan sehingga Capaian Pembelajaran dapat terpenuhi.
B. Alur pembelajaran berperan sebagai panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai Capaian Pembelajaran di suatu fase.
C. Alur pembelajaran berperan sebagai petunjuk dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk guru mengajar setiap harinya.
D. Alur pembelajaran berperan untuk menggambarkan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase.
12.
Di dalam rapat awal tahun, Ibu Ratna, seorang guru senior di SMK 51 Yogyakarta berkali-kali mengingatkan kalau dalam pembuatan Modul Ajar itu selain harus memiliki keterkaitan antara alur kegiatan pembelajaran dengan fase belajar peserta didik, juga harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan tahapan usianya. Pernyataan tersebut menggambarkan kriteria apa dalam pengembangan Modul Ajar?
A. berkesinambungan dan menarik, bermakna, menantang
B. esensial dan berkesinambungan
C. relevan, kontekstual dan menarik, bermakna, menantang
D. relevan, kontekstual dan esensial
13.
1. Berpihak pada peserta didik.
2. Peran seorang pendidik bertujuan untuk menuntun tumbuhnya kekuatan kodrat pada anak.
3. Menerima segala keunikan dari seorang anak. Berdasarkan ketiga pernyataan ini,
manakah yang sejalan atau sesuai dengan filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara?
A. 1
B. 2
C. 3
D. semua benar
14.
Bapak Azhar sebagai guru Pendidikan Jasmani mencantumkan alasan pentingnya mempelajari mata pelajaran tersebut dan keterkaitan antar mata pelajaran dengan satu atau lebih Profil Pelajar Pancasila. Hal ini merupakan salah satu format Capaian Pembelajaran yang disebut…
A. Capaian Pembelajaran Setiap Fase
B. Karakateristik Mata Pelajaran
C. Rasional Mata Pelajaran
D. Tujuan Mata Pelajaran
15.
Di bawah ini yang BUKAN merupakan bagian dari Komponen Inti dari komponen modul ajar adalah: 1. Tujuan Pembelajaran 2. Pengayaan dan Remedial 3. Kompetensi awal 4. Pertanyaan Pemantik 5. Model Pembelajaran yang Digunakan
A. 4 dan 5
B. 1 dan 3
C. 2 dan 5
D. 3 dan 5
SOAL LATIHAN DAN JAWABAN IHT GURU PENGGERAK
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar